2 Cara Root Android Paling Jitu dan Mudah

Para pengguna smartphone sejatinya sudah tidak asing lagi dengan istilah root atau rooting. Namun ada juga yang masih belum mengetahui tentang hal tersebut. Sebenarnya apakah root itu? root adalah proses dimana kamu dapat memiliki dan melakukan akses penuh dalam sistem operasi perangkat, dalam hal ini yaitu Android. Dalam Linux, hak akses ini punya akses tanpa batas hingga ke file-file sistem untuk menghapus, mengubah, mengeksekusi, dan lainnya.

Gambar Root


Dengan melakukan root, kita menjadi bebas mengatur, mengakses, dan melakukan apapun pada sebuah Android, seperti menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa dilakukan secara langsung. Untuk melakukan root komputer atau PC sama sekali tidak dibutuhkan, dengan HP Android saja hal tersebut bisa dilakukan.

Perlu diingat, root membuat semua keamanan HP menjadi terbuka. Saya tidak bertanggung jawab jika dalam proses root gagal menjadikan ponsel tidak bisa booting dengan benar, masuknya virus berbahaya, atau bahkan HP meledak. Kalian harus menanggungnya sendiri ya.

A. Menggunakan KingRoot

KingRoot merupakan salah satu aplikasi root terbaik hingga kini. Sudah banyak yang membuktikan bahwa aplikasi tersebut berhasil melakukan rooting pada Android. Bagi kalian yang juga ingin hal yang sama, dapat mengikuti tutorialnya berikut ini:

  1. Install terlebih dahulu aplikasinya, bisa diunduh langsung melalui Google Play Store.
  2. Setelah berhasil terpasang, tinggal buka aplikasi tersebut dan jalankan perintah untuk melakukan rooting.
  3. Dalam beberapa menit, tunggu hingga selesai, kalian akan melihat hasilnya apakah berhasil atau gagal. Jika berhasil, maka selamat. Jika gagal, kalian bisa mencoba metode lainnya di bawah ini.

B. Menggunakan Framaroot

Sebenarnya aplikasi ini tak jauh berbeda dengan KingRoot. Hanya saja, Framaroot lebih mendukung smartphone yang menggunakan chipset MediaTek, tapi saya sendiri pernah mencoba di ponsel SAMSUNG. Kalian juga bisa mencoba di ponsel kalian masing-masing. Cara kerjanya juga hampir sama, cukup dengan sekali klik saja. Adapun untuk cara selengkapnya yaitu sebagai berikut:
  1. Install terlebih dahulu aplikasinya melalui Google Play Store, atau download manual dengan mencarinya di Google.
  2. Buka aplikasinya untuk eksekusi, pilih SuperSU.
  3. Akan ada 2 pilihan, tapi banyak orang merekomendasikan untuk memilih Gandalf saja.
  4. Tunggu hingga proses rooting berhasil. Selamat, ponsel berhasil dibuka akses root.
Bagaimana? tidak sulit bukan? masih banyak aplikasi lainnya yang bisa kalian manfaatkan guna melakukan root pada ponsel Android. Pastikan kalian bijak dalam melakukan tutorial di atas agar tidak terjadi masalah pada smartphone kalian sendiri.
TERBARU SEBELUMNYA