Khasiat Buah Delima untuk Darah Tinggi

03.45
Khasiat Buah Delima untuk Darah Tinggi

Tahukah Anda akan khasiat buah delima untuk darah tinggi dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang lain, seperti penyakit jantung, kanker payudara, kanker prostat, artritis dan nyeri sendi, disfungsi ereksi, memerangi infeksi bakteri dan jamur, meningkatkan kinerja otak dan mengandung efek anti-inflamasi?

Berbagai khasiat yang terkandung pada buah yang masuk kedalam kelompok berry dengan nama latin Punica granatum ini berasal dari ratusan biji yang disebut aril pada bagian dalam buah saat kulitnya yang tebal dikupas.

Baca juga: Manfaat Buah Ciplukan untuk Darah Tinggi

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Potent healt effects of pornegranate, serta  merujuk pada laman Cleveland Clinic dan WebMd, aril yang dimiliki buah delima mengandung sejumlah nutrisi yang mengagumkan bagi tubuh saat dikonsumsi.

Aril di dalam buah delima sangat kaya akan anti-oksidan seperti tanin, antisianin dan polifenol. Kandungan anti-oksidan tersebut bahkan lebih tinggi dibandingkan teh hijau dan cranberry.

Tidak hanya itu, unsur kimia yang terkandung pada buah delima juga memiliki kemampuan dalam mencegah dan menghambat perkembangan ateroklerosis atau pengerasan pembuluh darah. Sehingga tidak mengherankan jika delima berkhasiat untuk melawan penyakit darah tinggi, stroke dan melawan sel-sel kanker.

Masih merujuk hasil penelitian tersebut, di dalam setiap cangkir (174 gram) aril terkandung: serat 7 gram, protein 3 gram, folat 16%, kalium 12%, vitamin C 30% dan Vitamin K 36%.

Bagi mereka yang ingin mendapatkan khasiat buah delima untuk darah tinggi, cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi langsung buah delima setidaknya sehari sekali atau dalam jumlah yang lebih banyak saat penyakit sedang kambuh.

Perlu diketahui bahwa untuk satu biji buah delima yang dikonsumsi dapat menurunkan kadar hipertensi sekitar 5 mmHg. Sehingga semakin banyak buah yang dikonsumsi maka semakin besar pula tekanan darah yang diturunkan.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah delima juga dapat dikonsumsi dengan cara dijus. Berdasarkan hasil penelitian yang ditulis pada jurnal Plant Foods for Human Nutrition, dengan mengkonsumsi jus buah delima sebanyak 500 mililiter setiap hari selama 4 minggu secara berturut-turut, tekanan darah sistolik dan diasatolik akan dapat diturunkan sehingga tekanan darah dapat turun dalam waktu singkat.

Itulah khasiat buah delima untuk darah tinggi, baik dikonsumsi secara langsung maupun dibuat juss.

0 komentar