Manfaat Buah Jeruk untuk Darah Tinggi

03.47
Manfaat Buah Jeruk untuk Darah Tinggi

Selain mengkonsumsi obat-obatan sebagaimana yang diresepkan oleh dokter, cara lain  untuk mengatasi hipertensi adalah dengan mengambil manfaat buah jeruk untuk darah tinggi, karena asupan makanan memiliki peranan penting dalam mengendalikan tekanan darah.

Jeruk menjadi salah satu jenis buah yang sangat disarankan bagi penderita hipertensi karena buah ini memiliki kandungan Phytonutrient yang disebut hesperidin yang bermanfaat dalam meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh hingga ke otak.

Baca juga: Khasiat Buah Delima untuk Darah Tinggi

Berdasarkan hasil penelitian dari lembaga The World’s Healtiest Foods, jeruk selain mengandung vitamin C dalam jumlah yang besar bahkan dapat mencukupi sampai dengan 93% dari total kebutuhan tubuh akan vitamin C dalam sehari, buah ini juga mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa jenis nutrisi yang terkandung dalam buah jeruk diantaranya adalah:  serat 13%, folat 10%, vitamin B1 9%, kalium 7%, tembaga 7%, pantotenik 7% dan kalsium 5%. 

Hasil penelitian dari lembaga tersebut juga menyebutkan bahwa jeruk memiliki beberapa jenis senyawa fitokimia, diantaranya citrus flavanone (flavanoid berupa molekul-molekul naringenin dan hesperedin), hydroxycinnamic acid, anthocyanin serta berbagai jenis polyphenol.

Jika dijumlah total, kandungan yang terdapat dalam buah jeruk mencapai 170 fitokimia dan 60 lebih flavonoid, Beberapa diantanya memiliki sifat antioksidan, anti-koagulan, anti-tumor dan anti-inflamasi. Sehingga tidak heran jika salah satu manfaat buah jeruk untuk darah tinggi, disamping untuk mengatasi berbagai jenis penyakit yang lain.

Terkait dengan khasiat jeruk dalam mengatasi darah tinggi, para ilmuwan pernah melakukan study dengan menggunakan mesin fluxometer doppler yang menggunakan sinar laser untuk  mengukur aliran darah melalui kulit.

Dalam penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa seseorang yang telah diberi larutan yang mengandung hesperedin yang diambil dari 2 cangkir jus jeruk, saat dihubungkan dengan mesin tersebut tingkat tekanan darahnya menurun sementara aliran darah secara keseluruhan mengalami peningkatan.

Penelitian yang melibatkan para wanita sebagai objeknya, dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama diberi minuman yang mengandung phytonutrient jeruk murni sedang kelompok kedua mengkonsumsi plasebo atau minuman dengan rasa jeruk.

Ternyata kelompok yang mengkonsumsi plasebo mengalami penurunan aliran darah sehingga suhu tubuh mereka semakin dingin, bahkan suhu ujung jari turun hingga 13 derajat celcius. Sedang kelompok yang mengkonsumsi jeruk murni, memiliki aliran darah yang stabil.

Dengan merujuk hasil penelitian tersebut, maka tidak perlu disangsikan lagi  manfaat buah jeruk untuk darah tinggi.

0 komentar