Manfaat Buah Kiwi untuk Darah Tinggi

04.24
Manfaat Buah Kiwi untuk Darah Tinggi

Buah kiwi menghadirkan cita rasa manis yang memang sudah tidak diragukan lagi di lidah. Meski nyatanya masih banyak orang yang jarang memilih buah ini. Alasannya pun beragam. Salah satunya yakni terkait harga buah kiwi yang relatif mahal. Padahal buah ini sangatlah kaya akan nutrisi yang penting bagi kesehatan bahkan banyak yang membuktikan manfaat buah kiwi untuk darah tinggi.

Dengan kandungan nutrisi yang banyak di dalamnya, tak heran jika manfaatnya juga sangatlah beragam. Misalnya saja manfaat buah kiwi untuk darah tinggi atau sebagai anti hipertensi.

Manfaat Buah Kiwi untuk Darah Tinggi

Menurut dokter ahli jantung preventif dr Suzanne Steinbaum bersama Lenox Hill Hospital New York, manfaat buah kiwi memang bisa diperhitungkan. Beliau mengatakan bahwa buah kiwi bisa menurunkan tekanan darah yang sedikit naik. Pernyataan ini tentu tidaklah mengejutkan, mengingat banyaknya nutrisi yang ada di dalam buah kiwi.

Baca juga: Jus yang Baik untuk Darah Tinggi

Seperti kandungan vitamin C yang begitu tinggi, bahkan dua kali lipat dari buah jeruk. Sementara jika dibandingkan dengan buah apel kandungan vitamin C nya 17 kali lipat jauh lebih tinggi. Kandungan lain yang juga tersimpan di dalam buah kiwi itu vitamin A, B1, B2, B6, E dan juga kalium.

Sistem kerja dari buah kiwi dalam mengatasi darah tinggi adalah dengan menurunkan kadar lemak dalam darah mencapai 15%. Menurunnya kadar lemak bisa menyebabkan penurunan risiko penyakit jantung koroner maupun stroke. Manfaat kiwi ini bisa bekerja secara maksimal lantaran kandungan vitamin A, vitamin C dan kalium-nya.

Kandungan ini dapat membuat denyut jantung menjadi teratur, kinerja lebih aktif, serta tekanan darah bisa lebih stabil. Jika kondisi organ-organ tubuh membaik, tentu fungsi dan kinerjanya akan menjadi lebih optimal. Secara otomatis oksigen dalam darah juga akan mengalir lancar. 

Selain itu, kandungan dalam buah kiwi bisa mengencerkan darah. Sistem kerjanya dengan mengurangi terjadinya penggumpalan, trigliserida, serta melancarkan peredaran darah. Tentu saja hal ini menjadi kunci penting untuk memiliki jantung dan pembuluh darah yang sehat.

Bahkan menurut Departemen Gizi di Universitas Oslo, kiwi juga mampu mengatasi kardiovaskular. Para ahli ini menyatakan bahwa manfaat ini terkait konsumsi 2 hingga 3 kiwi setiap hari selama 28 hari.

Dalam jangka waktu tersebut bisa didapatkan penurunan respon agregasi trombosit pada collagen hingga sebanyak 18%. Sehingga bisa disimpulkan jika manfaat kiwi mampu mengurangi pembentukan trigliserida darah dan menyehatkan jantung.

Selalu terjaganya kesehatan jantung dan pembuluh darah akan bermanfaat menurunkan resiko tekanan darah tinggi. Maka dari itu, jangan lupa konsumsi secara rutin demi mendapatkan manfaat buah kiwi untuk darah tinggi.

0 komentar